Saturday 27 December 2008

Selingan Sejenak - Gratis!

Karena sedang ada gangguan teknis pada penyedia layanan, pernah selama lebih dari 3 jam kami sekantor tidak bisa menggunakan internet. Untuk sementara waktu, kami tidak terhubung dengan dunia. Tidak bisa menjelajah internet. Tidak bisa menggunakan fasilitas chatting. Tidak bisa kirim atau terima email.

Memang bukan terputus sama sekali karena kami masih bisa menggunakan telkomnet instan untuk kirim email penting. Beberapa teman bahkan menggunakan blackberry untuk berkomunikasi. Tetapi bagi sebagian besar yang lain, putusnya koneksi berarti kelegaan sejenak. Walau terasa agak senyap, beban hingar 'maya' yang memenuhi rongga fikiran terasa terangkat. Putusnya jaringan merupakan kesempatan untuk sekedar jeda dari terpaan aliran instruksi kerja ini dan itu yang kerap datang melalui email. Bahkan, bila kebetulan suatu laporan belum selesai, ketiadaan koneksi seperti itu bisa dijadikan alasan mengulur waktu.

Terputusnya koneksi internet adalah excuse termasuk yang paling valid di dunia kerja. Dulu, ketika genset belum banyak dikenal, pemadaman listrik juga merupakan excuse yang bagus. Bagaimana bisa kerja kalau ruangan gelap? Mesin ketik listrik tidak bisa dipakai? Begitu kira-kira para karyawan berucap sambil bergegas keluar ruangan menemui satu dua teman untuk sekedar ngobrol dan menikmati rokok. Ada kesempatan untuk sejenak merasa lega dari tekanan kerja.

Kemacetan lalu lintas (terutama di Jakarta) juga sering dijadikan alasan terlambat masuk kerja. Bila sedang merasa malas dan terlambat tiba di kantor, seorang karyawan bisa dengan santai berucap, “Macetnya parah banget hari ini!” Kalau mood atasan lagi OK, biasanya dia akan siap memaklumi.

Hujan sering dipakai sebagai alasan untuk terlambat berangkat ke sekolah, terutama oleh mereka yang sedang dihinggapi rasa malas belajar pagi-pagi. Di zaman yang akrab dengan teror bom, adanya isu bom bisa saja menjadi penyelia sejenak (asal bukan bom beneran). Semua wajib meninggalkan meja kerja, sepenting apapun pekerjaan - nyawa masih jauh lebih penting! Latihan evakuasi kebakaran di gedung bertingkat kadang merupakan selingan menarik. Tentu saja bila kita tidak sedang dikejar deadline maha penting.

Begitulah, banyak hal bisa menjadi selingan di dunia kerja. Selingan untuk sekedar melepaskan tekanan kerja. Mari kita nikmati bila suatu saat kita 'dipaksa' jeda sejenak. Apalagi tidak ada keharusan untuk membayar biaya partisipasi! Banyak loh, teman-teman kita yang bahkan harus mengeluarkan duit untuk bisa berjeda-jeda sejenak .. Nonton film butuh duit, apalagi jalan jalan ke luar kota. So, sekali lagi ... bila ada kesempatan, mari santai sejenak.

No comments: