Monday 29 December 2008

Profil Perekam Sejarah

Tiba-tiba saja muncul ide untuk membuat blog khusus berisi profil singkat orang-orang yang kami kenal.

Yang dimaksudkan orang-orang adalah teman, kerabat, atau sanak saudara kami, baik di lingkungan sekitar rumah, tempat kerja, sekolah, ataupun di tempat lain. Bisa berasal dari masa lalu dan juga masa sekarang.

Ada dua tujuan yang hendak dicapai dengan pembuatan blog ini. Pertama sebagai tempat menampung hasil latihan menulis profil, dan kedua sebagai rekaman sejarah yang kami dedikasikan kepada orang-orang yang kami kenal di sekitar kami.

Rencananya, tulisan akan dibuat oleh kami berempat. Formatnya dan gaya penulisan terserah yang menulis, tetapi diharapkan setiap profil tidak lebih dari 500 kata. Pilihan kata maupun gaya bahasa yang dipakai juga terserah yang menulis. Yang jelas, setiap profil mesti dilengkapi 1 foto wajah dari tokoh yang sedang diceritakan serta beberapa informasi dasar semisal umur dan tempat tinggal.

Biasanya profil yang menarik merupakan cerita asli dan unik, juga berisi satu dua filosofi dasar yang menjadi pegangan hidup sang tokoh yang bisa dijadikan sumber inspirasi bagi pembaca. Bila 'wawancara' tidak bisa dilakukan, profil dapat saja berisi kesan subyektif penulis tentang tokoh dalam tulisannya, terutama yang positif dan bermanfaat.

Saat menulis pendahuluan ini, yang terbayang untuk segera dibuatkan profil adalah Pak Husin - tetangga yang suka jagain rumah kalau kami bepergian, lalu Pak Jangkung - petugas sampah komplek perumahan kami yang kerap menawarkan bibit tanaman, Pak Herman yang menanam bayam di tanah kosong samping rumah, dan Bu Jajan (entah namanya siapa - nanti ditanyain ya) yang setiap pagi lewat depan rumah kami mengusung dagangannya sambil berteriak, "Kuee kueeeeeee." Ifa dan Aya bisa mulai dengan menulis profil Rifda, Rafif, Mba Nisa, Mbak Dila, atau teman-teman sekolahnya. Ibu bisa mulai dengan Bu Sarry, Pak Goen, atau teman-teman dari masa lalu seperti Pak Tri, Mbak Naroh, atau siapa saja yang.

Let's do it. Don't forget to include a picture!

No comments: