Wednesday 13 July 2016

Being Porductive is Enjoyable

Being productive is always enjoyable and can make you feel high. Kira-kira begitu. Makanya, perlu bagi kita untuk melakukan sesuatu, menyelesaikan sesuatu, walaupun kecil-kecil, untuk menciptakan rasa 'sudah melakukan sesuatu', kalau bisa dengan embel-embel sukses atau tuntas. Dengan cara itu, otak merasa senang, hati riang, dan siap mengerjakan atau menyelesaikan hal-hal lain, yang mungkin lebih besar.

Contoh hal-hal kecil yang bisa kita kerjakan 10-30 menit untuk menciptakan rasa sukses dan produktif, menghindarkan rasa tak berguna dan klumbrak-klumbruk * tak karuan.

1. Cuci piring sekalian membersihkan wastafel. Menyikat kotoran yang tak hilang sekedar dengan dilap.

2. Membersihkan lemari penyimpanan peralatan dapur, sekalian mencuci ulang, mengusir debu yang melekat di piring atau gelas atau peralatan masak yang lama tak dipakai.

3. Membersihkan tempat tidur, ganti seprei, ganti sarung bantal, sekalian jemur bantal bila ada matahari. Tak lupa tentunya menyapu kamar.

4. Mengelap frame lukisan atau foto yang tergantung di dinding, yang sudah lama tak tersentuh. Biasanya bagian atasnya banyak debu.

5. Senang dengan kamar mandi bersih? Yang lantainya tak licin, atau tak beraroma kamar mandi pesing? Membersihkan kamar mandi bisa dikerjakan 15 menit.

6. Instal ulang Windows supaya kinerja PC di rumah bisa cepat lagi. Hehehe. Bila berani dan bisa (punya pengetahun dan pengalaman), bongkar PC, bersihkan debu-debu yang melekat di kabel dan jeroan komputer, tak lupa dinding casing.

7. Sapu halaman atau potong rumput juga bisa sekalian olahraga bukan?

8. Pergi bawa motor atau mobil ke tempat cucian. Paling bagus cuci sendiri. Bisa lebih detail dan bikin puas.

Ada banyak lagi hal-hal kecil lain yang bila kita kerjakan sendiri akan membuat kita merasa berguna, produktif, dan senang. Hati gembira akan bikin dunia terlihat terang dan kita menjadi siap untuk tantangan berikutnya.

*Klumbrak klumbruk adalah bahasa yang aku kenal di Semarang yang mewakili kondisi seseorang sedang merasa malas, bingung tak tahu berbuat apa, lalu berdiam diri tiduran di atas sofa atau tikar, mainan HP atau menghidupkan TV tapi tak menontonyya, otak jutek dan tumpul, dll.

No comments: