Thursday 3 December 2009

Kok Lama Gak Posting?

Judul di atas adalah pertanyan Syarrifa, anak pertamaku kelas 3 SD, ketika tahu blog ini udah lama gak terisi postingan baru. Ya.. apa daya, huru-hara fisik dan mental dengan peran baru sebagai 'pekerja domestik (bapak rumah tangga) sekaligus pekerja paruh waktu masih belum bisa aku kuasai dengan baik. Energi masih banyak terporsir untuk merespon segera kejadian di depan mata ketimbang dipakai untuk melakukan refleksi, perenungan untuk bisa menulis sesuatu.

Baru ketik judul tulisan sedikit, sudah dipanggl Aya, anakku kedua kelas 2, minta ditemani pipis di kamar mandi. Baru membaca satu tulisan inspiratif, Syarrifa sudah mengusirku dari depan komputer. "Bapak, mau upload foto nich ... bentaaaaaarrrr aja." Siapa yang tak menyingkir kalau di'usir' dengan mata melotot begitu?

Baru mulai baca buku Major Jantje terbitan Masup Jakarta, istri yang lagi di Semarang telpon menanyakan mengapa duit di rekening berkurang banyak tanpa dia tahu detailnya. Siapa yang bisa tulis detail, 150.000 buat bayar PAM, 211.000 buat Speedy, 100.000 buat pulsa Simpati, 23.000 buat isi bensin moor full tank, 9.000 buat Djarum Super, 73.000 buat beli sayur di si Eko, tukang sayur trendi pakai motor (mahal loh .. dengan duit 100.000 gak dapet banyak!), lalu beli ban bekas buat Blazer, 1 juta 4 biji, kembangannya masih lumayan, dll dll .. ribet kan kalo harus ditulis?.

Begitulah, malam-pun tak bisa buat aktifitas menulis karena biasanya aku turut ketiduran setelah bacain cerita pengantar tidur buat anak-anak. Kalau pas jam 12 malam terbangun, dan gak bisa tidur lagi, gak bakal bisa buka komputer karena sewaktu-waktu Aya manggil .. "Bapaaaaaaaaaaaaaaaaak." Ruang komputer agak jauh dari kamar tidur. Dia suka gak berani kalau ditinggal sendiri di kamar walau ada kakaknya yang lagi tidur (kami bertiga tidur sekamar! he he)

Bangun jam 4 pagi, sholat subuh, ngaji dikit kalo lagi mood, lalu tiba-tiba sudah jam 5, aku segera tergesa masak nasi. Mateng 45 menit pakai magic jar. Di sela itu, aku kumpulin pakaian kotor, masukkan ke mesin cuci, stel otomatis lalu tinggal. Jam 10 nanti, tetangga yang bantuin bersihin rumah akan datang buat njemurin.

Persiapan sarapan. Bikin teri goreng (bisa teri medan atau teri keranjang atau teri segar yang sebelumnya aku masak pakai garam dan asam lalu diangin2kan biar jering) atau nasi goreng aroma mentimun kalau anak-anak gak ngeluh "Bosen Paaaak!"

Kesibukan pagi di dapur juga buat siapin bekal makan siang anak-anak. Mereka pulang sekolah jam 3-an, jadi makan siangnya di sekolah. Bagiku menu makan siang harus beda dengan sarapan, biar anak-anak mau makan. Lalu kupas pisang tanduk, potong dan belah dua, masukkan ke box plastik snack. Tidak lupa sertakan susu coklat kental manis yang dikemas kayak odol. Anak-anak sebut sncak ini piscok - alias pisang coklat., favotie Syarrifa. Aya ikut-ikutan suka, tapi sesekali mengelush bosen. he he he.

Cari kantong plastik (biasanya bekas kantong plastik Indomaret ato Alfamart) untuk bungkus semua bekal. Eits, sendok dan garpu jangan sampai kelewatan. Juga botol minum. Semua dalam satu kantong plastik. Ingat jangan pakai yang hitam karena bau plastiknya gak enak banget. Jebloskan ke dalam tas sekolah anak-anak, beres dech.

Jam 6.30 mobil sudah harus start. Paling telat jam 6.45 sudah harus cabut. Kalo tidak, Syarrifa bisa ngambek. Ngancam gak mau sekolah bikin pusing aku yang lagi sebatang kara (istri kerja dan tinggal di Semarang dan gak ada yang bantu). Biasanya sering telat 5-10 menit karena harus mengunci semua pintu, periksa jendela, dan gerbang belakang sebelum lepas landas menuju sekolah anak-anak di Jalan Parung yang jaraknya kadang lebih dari 45 menit apalagi kalau macet di jalan. Jauh juga ya.

Drop anak-anak sekitar jam 7.45 dan kembali ke rumah, nyampai jam 8.30. Baru kelegaan bisa dinikmati. Kelegaan betul-betul terasa dengan seruputan kopi yang masih hangat dan tak lupa satu dua Djarum Super sebelum mulai buka komputer. Jam 9 sudah harus mulai kerja .. update website kantor dari rumah. Terus sampai siang, sesekali keluar pipis ato bikin kopi ekstra. Siang, jeda makan bentar. Bikin telur ceplok atau goreng teri. Dan kalau mau, ulek sambal bentar. Total gak sampai 10 menit. Yang lama menikmati kekenayngan dengan rokok. he he he. Bisa sampai setengah jam!.

Abis itu lanjut kerja kejar waktu sampai jam 4. Mengapa jam 4? Karena di atas jam 4, suasana kerja jadi gak aman. Sewaktu-waktu anak-anak pulang (ikut mobil jemputan) dan merebut komputer dari kekuasaanku.

Biasanya kalau anak-anak sudah pulang, aku menyingkir ke dapur, memutar otak memikirkan menu makan malam. Bongkar-bongkar kulkas melihat persediaan. Kalau resepnya aneh, minta ijin pakai komputer sebentar sama Syarrifa untuk nengok resep di Google. Nasi masih ada dari sisa masak pagi tadi. Yang perlu dibikin cuma lauk. Idenyanya tempe penyet atau lodeh kangkung sederhana. Kalo lagi gak ada apa-apa, bikin mie rebus sama telur goreng isi teri medan. Bikin terong balado belom pernah berhasil. Yang paling aku suka bikin rawon. Mudah dan gak ribet. Tinggal cemplungin potongan daging, masak sampai empuk, masukkan bumbu INSTANT, jangan lupa tamahin irisan bawang merah dan putih. Kasi asem dikit udah joos. :D

Pas azan Maghrib gelandang anak-anak mandi dan sholat. Sehabis ngaji satu dua lembar, mereka aku ajak makan malam di lantai dapur. Kalo lagi mood, aku suapin mereka karena dengan demikian mereka gak nyadar udah makan banyaaaaak. Kalo makan sendiri, lamaaaa dan cuma sedikit. Banyakaan ngeluhnya, "Udah kenyaaaaang paaak."

Menjelang waktu Isya? Kerjakan PR? He he he. Sekolahnya anak-anak jarang kasi PR. Cuma ada kesibukan menjelang mau ujian. Kayak hari-hari ini. TV? Syukurnya anak-anak gak begitu mood ama TV, atau mungkin mereka 'takut' aku sirik ama TV yang programnya (terutama jam menjelang malam) isinya tahu sendiri dech.

Jam 8.30 malam sudah menjelang. Sekali lagi anak-anak aku gelandang ke kamar mandi, wudlu buat sholat Isya, sikat gigi, pipis, lalu sholat dan peluk guling sambil mendengarkan cerita tentang peri atau kerajaan antah berantah yang kadang isinya gak logis karena mencampur-adukkan legenda masa kerajaan Hindu kuno di Jawa dengan tokoh cerita yang fasih mengucapkan Bismillaahirrohmaanirrohiim. Memangnya Islam sudah masuk pada zaman Empu Wiwaha? Sama seperti aku, penulisnya perlu banyak baca buku sejarah.

Syukurnya, walo jalan cerita gak logis, tetap saja berkhasiat membuai anak-anak. Atau mungkin suaraku yang kadang datang pergi karena terkantuk-kantuk yang membuat anak-anak terlena? Aku pun ikut-ikutan terlelap walau gak tenang. Apalagi kalau belum sholat Isya dan tadi lupa cek semua jendela dan pintu, Ada lebih dari 25 jendela sekeliling rumah. Aku suka jendela karena bikin rumah terang dan gak perlu banyak lampu listrik. Ada 3 pintu di rumah yang juga aku harus cek, plus satu gerbang belakang dan pintu halaman samping. Pintu pagar depan gak pernah aku kunci. Males .. jauh. He he.

Begitu aja dulu ceritanya, eh curhatnya ... Ntar dech dilanjut .. Moral of the story: curhat berbuah postingan. Horeeee...

3 comments:

iburumahtangga said...

heheheh jeritan hati bapak rumah tangga yang ditinggal istri... kereen eniwei bapak2 ngurus 2 gadis kecil and things going smoothly. two thumbs up!semangat ya pak, sekali2 bole dung nyoba masakan bapak :D

AVIANNOOR GEMS LAB said...

Gak nyangka, bener-bener ngGak nyangka....
Seandainya kita bertetangga pak, anak-anakku pasti seneng maen kerumah bapak...
Seandainya kita bertetangga pak, ibunya anak-anak pasti bisa ambil nafas barang 2 jam sebelum kembali ngurusi anak-anak...
Seandainya pengen balek jogja, pak Anol... monggo jadi tetangga saya pak...

Gut-lak aja lah buat semua, buat mbaknya yang di semarang juga... Acung jempol tu mbak...

Aunul Fauzi said...

Hua ha ha ha. Aku balik Jogja kalo tanah yang di Bantul udah kejual. Ben ada modal :D Jualin po ...

@Bu iburumahtangga, gak menjerit kok bu .. tapi teriak! ha ha ha .. makasih udah baca coretan ber-genre curhat doang ...