Sunday 26 July 2009

Tips Membeli Tiket Pesawat

Zaman sekarang, membeli tiket pesawat di agen perjalanan kecil tak ada bedanya dengan agen perjalanan besar yang sudah kondang sejak era penerbangan mahal sepuluh tahun lalu. Harga sama saja. Beli langsung di kantor penerbangan kadang jatuh lebih mahal.

Kemajuan sistem booking on line memberi kemudahan bagi setiap agen perjalanan (mentereng atau berdebu) untuk mengecek harga dan ketersediaan seat secara real-time. Semua agen berposisi setara di hadapan sistem booking on line. Siapa yang rajin ngecek, dialah yang mendapat keuntungan bila tiba-tiba muncul harga bagus, promo, atau diskon. Bukankah pelanggan senang dengan harga-harga promo?

Awal Mei lalu, aku belikan adikku, temannya, dan ibuku tiket Garuda .. promo … Ampenan (AMI) – Jakarta (CGK). Hanya Rp. 687.000 sekali jalan. Pulangnya, lagi lagi dapat promo, dengan harga yang sama. Total, sekitar 1.4 juta sudah bisa bolak balik Mataram-Jakarta-Mataram. Padahal, harga normal rute ini adalah sekitar 3 juta pergi pulang. Penghematan luar biasa bukan? Aku sering beli tiket untuk keperluanku pribadi atau kantor, juga buat istriku, teman-teman istriku, dan saudara atau teman, dengan harga promo yang pasti lebih murah dari harga normal.

Penghematan seperti itu aku peroleh tidak lain karena jasa agen perjalanan tempat aku biasa beli tiket, Joe Travel, Bogor. Tinggal kirim pesan lewat YM ke Mbak Iva, atau SMS ke HPnya, sebutkan rute dan nama yang akan berangkat, jangan lupa kasi pesan khusus: yang murahhh yaa a.. lalu beri tanda senyum malu-malu (:D), sesaat kemudian Iva akan jawab, “Bentar ya Pak .. aku carikan”. Tak perlu nunggu lama, paling telat 15 menit Iva akan kirim beberapa alternatif penerbangan lengkap dengan harganya.

Selain penghematan, kemudahan komunikasi merupakan salah satu hal yang penting. Dengan Iva (Joe Travel) kemudahan itu aku dapatkan. Kalau urgen banget aku akan telpon langsung ke HP-nya. Kadang aku ikuti dengan BUZZZ di YM-nya, juga SMS ke HP, atau kirim email. Minta prioritas khusus karena sesuatu alasan.

Syukurnya Iva memberikan kemudahan lain berupa bayar belakangan. Kebetulan kantorku (World Agroforestry Centre – ICRAF) memiliki perjanjian khusus dengan Joe Travel mengenai bayar belakangan ini. Tentunya ini tidak berlaku untuk pembelian tiket pribadi. Namun karena sudah kenal, begitu kata Iva, gak apa-apa bayar telat.

Aku pernah beli tiket untuk teman-teman istriku seharga sekitar 50 juta, bayar telat karena duit dari kantor istriku belum turun. Sebenarnya Iva sedang menempatkan dirinya pada resiko besar kalau-kalau aku tidak bayar. Tiket sudah di-issue tapi duit belum masuk. Tapi dia bilang kan udah kenal. Aku juga tahu diri dong. Begitu duit turun, 2 atau 3 hari kemudian, aku langsung kirim ke rekening Joe Travel. Untuk keperluan tiket pribadi satu atau dua lembar, aku sering harus telat bayar. Issue tiket siang, bayar malam pas pulang kantor dan lewat ATM di Depok. Kalau masuh belum sempat, bisa bayar besoknya.

Mengapa fasilitas bayar bekalangan perlu? Di agen perjalanan lain, tiket akan di-issue hanya bila pembeli sudah bayar. Ini akan menyulitkan karena sistem booking on line kadang memberikan limit pencetakan tiket sangat pendek, terutama untuk tiket-tiket promo. Apa yang terjadi bila pelanggan berada di luar kota? Tidak ada ATM? Apakah tiket promo yang murahnya hampir 50% harus rela dilepas? Sayang bukan?

Berlangganan atau sudah dikenal oleh agen perjalanan tertentu juga bisa sangat menolong. Begini ceritanya. Ketika aku ketinggalan pesawat dari Hanoi ke Ho Chi Minch City hari Jumat lalu tanggal 24 Juli (penerbangan jam 13.30), ketika aku panik dan tak tahu arus berbuat apa, aku merasa sangat beruntung masih simpan nomor HP Iva. Aku kirim SMS ke dia tanya apakah tiketku, Vietnam Airlines, bisa direfund kalau-kalau aku harus beli tiket penerbangan lain. Karena weekend, semua penerbangan Vietnam Airlines ke Ho Chi Minh City sudah penuh. Iva tidak hanya bilang … “ya pak, bisa direfund kok”, tapi ternyata dia bertindak cepat mengecek ketersediaan seat untukku.

Informasi petugas counter Vietnam Airlines di Noi Bai Airport di Hanoi yang mengatakan “Sorry sir, all flights are full!” ternyata belum merupakan vonis mati.

Diam-diam Iva ‘mengintip’ ketersediaan seat dari Bogor. Hasilnya, ada yang kosong di penerbangan terakhir jam 20.30. Iva lansgung pindahkan aku ke sana. Tak lama kemudian, karena ada yang kosong di penerbangan jam 17.00 aku lagi-lagi dipindah ke sana. Luar biasa bukan? Aku tidak harus beli tiket penerbangan lain. Hanya dengan SMS dan layar monitor di Bogor, Iva bisa bantu aku keluar dari situasi sulit. Benar-benar luar biasa bila anda mengalami langsung kejadian serupa, apalagi bila baru pertama kali berada di sebuah airport di negara asing dan persediaan uang pas-pasan.

Berikut ada beberapa tips, semoga berguna.

Tips buat pelanggan:
- Pilih satu agen perjalanan sebagai langganan. Dua boleh sebagai alternatif.

- Kenal dengan salah satu stafnya. Selalu beli tiket padanya. Alasan utama, kemudahan komunikasi. Lagipula karena dia sudah kenal kita, semua jadi gampang.

- Simpan nomor HP, YM, Email, akan sangat penting setiap saat anda perlu.

- Sambil minta harga pada agen perjalanan tersebut, jangan lupa cek harga ke agen perjalanan lain, misal yang nomor telponnya anda temukan di pinggir jalan, atau langsung ke call center penerbangan yang bersangkutan. Cek informasi harga yang tersedia di website masing-masing.

- Bila minta informasi jadwal dan harga ke agen perjalanan langganan, jangan lupa katakan: “kalo ada yang promo ya … :D”

- Pilih jam penerbangan yang tidak populer, yang tidak banyak dipilih oleh para pebisnis. Biasanya tiket promo ada di jam-jam tak populer itu.

- Ada beberapa perusahaan penerbangan yang memang memberikan harga di bawah harga normal, namanya Budget Flights .. misal: Air Asia, JetStar, Cebu Pacifi, Tiger, dll.

- TIPS PALING PENTING: Beli tiket JAUH-JAUH HARI. Bila sudah pasti tanggal berangkatnya, segera hubungi agen anda. Bila perlu dua bulan sebelum keberangkatan. Biasanya tiket promo masih banyak tersedia. Bandingkan harga bila anda beli tiket sehari sebelum berangkat, pasti anda menangis melihat jauhnya perbedaan.

- Dalam zaman tiket elektronik sekarang, kita gak perlu khawatir apakah kita beli tiket di Bogor atau di Kuala Lumpur. Tiket cukup dikirim dalam bentuk PDF lewat email atau fax. Kadang cukup dengan mengetahui kode booking dan simpan di HP.

- Apa lagi ya? Silahkan ditambah kalau ada …

Extra: Tips buat agen perjalanan:
- Beda agen perjalanan yang satu dengan lainnya bukan pada besar kecilnya kantor. Tetapi pada pelayanan yang diberikan.

- Layanan termasuk: keramahan staf, perhatian staf, komunikasi yang baik, dan kecepatan merespon pelanggan.

- Kadang harga tidak masalah bila layanan bagus. Gak dapat promopun, karena merasa dilayani dengan baik, harga mahalpun akan pelanggan disikat! :D

- Jawab SMS, email, atau YM dengan cepat. Kalau tidak bisa langsung memberikan informasi yang diminta, berikan waktu. Misal .. “30 menit lagi ya bu … “ dan yang penting TEPATI. Jangan biarkan pelanggan menelpon untuk yang kedua kali.

- Berikan alternatif penerbangan minimal 3. Ini akan memudahkan pelanggan memilih disesuaikan dengan keperluan masing-masing.

- Udah .. itu aja … mungkin kata lainnya, manjakan pelanggan anda. Kalau ia merasa dimanja, ia gak akan pindah ke lain hati.

Informasi Promosi:
Joe Travel
Jl Raya Pajajaran I Bl YK
BOGOR 16142
Phone : 0251-311885

Contact person:
Iva Febrina
HP: 081310030899
YM: luph_u4l
Email: tix_joetravel@indo.net.id

3 comments:

Iva-Joe Travel said...

Pak...waduh..speechless nih..:))
tx so much ya pak.. duhhh bos aku bisa baca ga ya..hehehe..
semoga untuk seterusnya saya bisa terus meningkatkan pelayanan..
sekali lagi tx ya pak..

infoGue said...

hai salam kenal artikelmu udah ada di

sini

gabung yuk n promosikan artikelmu di infoGue.com. Salam ^_^

tanpa nama said...

izin iklan ya mas.. reservasi tiket bontang.. yuk di pesan tiketnya.. bisa melalui telp/sms :085249986418. ini bukan penipuan loh ya.. www.kafabihitravel.blogspot.com