Sunday 19 July 2009

Halal di Luar Negeri

Bila anda muslim dan ingin menghindari makanan tidak halal selama perjalanan, terutama ke negara non-muslim, berikut ini ada beberapa tips.

1. Beberapa penerbangan, misal SQ, menerima pesanan menu tertentu. Pastikan travel agen anda memesan makanan halal jauh-jauh hari sebelum tanggal keberangkatan berangkat. Seminggu sebelumnya kayaknya bisa.

2. Search internet tentang warung makan atau restoran yang dianggap halal berdasarkan pengalaman traveler lain. Ada banyak kok.

3. Bila tidak sempat cari referensi, terpaksa anda makan apa adanya. Usahakan pilih menu ikan. Anda juga bisa masak sendiri secara sederhana. Beli telur atau kacang-kacangan. Rebus di hotel memakai alat pemanas air yang disediakan (atau anda bawa sendiri). Jangan lupa buah-buahan semacam pisang atau anggur. Mampir ke supermarket membeli biskuit atau makanan kaleng yang sama seperti yang biasa anda makan di Indonesia.

Contoh: Di Ha Noi, saya membeli telur ayam 6 biji seharga 10.000 dong. Lalu saya rebus di kamar pakai pemanas air. Saya juga beli pisang di pasar. Beberapa biskuit mirip biskuit yang di Indonesia, juga minuman, susu, dll, saya beli di supermarket kecil dekat hotel. Selama di pesawat, saya selalu minta menu ikan karena menyangsikan kehalalan menu daging/ayam.

No comments: