Tuesday 9 July 2019

Sehari Sejudul

Menulis itu menyenangkan. Hati terasa plong saat berhasil menuangkan suatu ide secara runtun dan tuntas dalam satu judul. 

Runtun berarti pembaca dapat memahami ide yang kita tuliskan melalui struktur sajian yang bisa diikuti, tidak kacau balau. Tuntas artinya ide tersaji secara lengkap mulai dari pokok masalah sampai solusi yang ditawarkan. 

Bolehlah kurang sana kurang sini, tetapi secara umum, tulisan dapat kita nilai selesai. Tak ada yang menggantung atau terasa belum dituliskan. Semua yang di kepala sudah tertuang. Itu sudah menyenangkan.

Menulis akan terasa lebih menyenangkan lagi saat berhasil menekan tombol PUBLISH dan merasakan tulisan sudah mulai berlayar di dunianya, siap dibaca siapapun yang kebetulan menemukan. Berapa yang baca, apa tanggapan pembaca, tak begitu penting.

Itu dia dua hal yang aku pribadi anggap sebagai kriteria keberhasilan menulis. Menyelesaikan tulisan dan melepaskannya ke sidang pembaca. Sudah cukup menjadi reward bagiku untuk merasa senang dan berbahagia sendiri. 

Well .. Baris-baris di atas kok terasa begitu formal dan kaku ya. Hahaha. Tak mengapa .. Sudah tertulis dan selesai., itu sudah menyenangkan. Bayangkan kalau tiba-tiba listrik mati, ketiga paragraf di atas hilang (walau Blogspot sudah mengantisipasi dengan autosave), maka tak akan mudah bagi otak tua ini untuk mengulang apa yang sudah tertulis. Jadi, aku punya segudang alasan untuk merasa happy

Itu pertama. 

Yang kedua? Karena aku sudah membuka blog ini dan mulai menulis lagi. Tulisan terakhir tertanggal 16 Agustus 2016. Hampir 3 tahun lalu. Sayang kalau blog yang aku piara sejak 2008 ini dibiarkan merana, tak pernah dikunjungi apalagi dihiasi dengan tulisan. Aku senang hari ini aku berencana mulai menulis lagi dan sudah aku wujudkan dengan satu judul ini. Hehehe.

Oh iya, mengapa judulnya Sehari Sejudul? Karena itu sebenarnya menggambarkan keinginanku untuk menulis blog paling tidak satu judul sehari. Tentang apa saja. Serius dan tak serius. Opini maupun fakta. Jelek atau bagus. Tak masalah. Sepanjang sebuah judul selesai, lalu klik PUBLISH, maka rasa bahagia atau senangku akan dobel-dobel.

Muuuu .... laiiiii #SehariSejudul

No comments: