Sunday 21 July 2019

Kategorisasi Tulisan Blog?

Ternyata hari ini sudah enam hari sejak terakhir aku menulis di sini. Gila. Hampir seminggu berlalu tanpa ada karya. Tak ada tulisan mampir di blog ini.

Hal ini sebenarnya bukan karena tak punya ide, tetapi karena ndak sempat saja.

Tanggal 16-18 Juli lalu sedang di perjalanan. Tak bawa laptop buat menulis. Lagipula kesibukan selama di perjalanan barangkali tak akan memungkinkan buat menulis. Setelah itu, pulang, dan sesampai di rumah, sibuk wira wiri mengurus diri dan keluarga. Berobat ke Puskesmas dll. plus berbagai urusan lain.

Lengkaplah sudah. Tak bisa nyaman duduk lama di depan komputer. Baru mulai ketik judul sudah ada panggilan antar sekolah. Lalu ada permintaan antar jemput ke sana ke mari. Dekat dan jauh dari rumah. Kegiatan fisik yang padat, yang tidak menyisakan waktu untuk duduk diam merenung dan mengetik.

Yaa begitulah hidup. Mungkin bila tidak dapat MEMAKSA DIRI untuk menyediakan waktu sejam dua jam HANYA UNTUK MENULIS .. tanpa boleh ada gangguan .. maka hal seperti ini akan selalu terjadi. Tak ada tulisan tercipta.

Tak apalah .. Ini jadi pelajaran. Barangkali setelah ini aku bisa membuat tulisan di punggung. JANGAN DIGANGGU. SEDANG MENULIS. Supaya orang lain tak mendekat dan mengganggu.

Omong-omong tentang hal ini, aku tadi punya ide untuk membedakan topik tulisan di BLOGSPOT supaya tidak rancu dan kacau dengan yang di WORDPRESS.

Saat ini, aku menulis seri #SehariSejudul di dua tempat tersebut tanpa ada pembedaan. Tulis ya tulis saja. Kalau sudah nulis di Worpress, ya selanjutnya giliran nulis di Blogspot. Supaya adil. Tapi tak ada pembeda antar kedua tempat menampung tulisan ini.

Saat ini aku berfikir bahwa aku harus membedakan kedua blog tersebut. Entah dalam artian topik atau gaya menulis. Entahlah. Tapi harapannya dengan demikian akan memudahkan diriku menulis.

Misalnya, biarlah Wordpress untuk menulis tentang hal-hal serius, atau sebaliknya. Atau Blogspot dikhususkan untuk menulis dengan disiplin jurnalisme yang pernah aku pelajari. Ada sumber, referensi, verifikasi, dll. Lalu di Wordpress cuma buat pendapat pribadi atau sekedar curhatan. Atau bagaimanalah .. Pokoknya dibedakan ...

Baiklah .. Sambil jalan aku akan pikir tentang hal ini. Tetapi saat ini aku memang merasa sangat perlu membuat pembeda. Supaya lebih mudah fokus atau proses menulis punya pedoman.

Kalau sekarang kedua blog tersebut merupakan tempat menampung segala hal, maka untuk selanjutnya kedua tempat ini mestinya bisa dibedakan berdasaran jenis topik atau kedalaman atau kualitas tulisannya.

Barangkali begitu? Semoga bisa ..

#SehariSejudul

No comments: