Monday 15 July 2019

Kering Ide, atau Malas Saja?

Seminggu terakhir aku selalu menulis pagi-pagi selepas sholat subuh. Aku berharap bisa menjadikan rutinitas tersebut sebagai kebiasaan bagus. Menulis tiap pagi.

Saat pagi seperti itu, fikiran terasa tenang. Belum diramaikan urusan-urusan. Kalaupun mau berurusan atau memulai urusan, harus nunggu agak siangan. Paling cepat jam 6.30, saat Aya berteriak minta diantar sekolah.

Saat pagi seperti itu, dunia juga masih senyap. Tak ada keramaian suara motor lalu lalang di jalanan depan rumah. Bisa konsentrasi dengan bagus. Badan juga segar, baru bangun dari istirahat malam, tenaga mengetik masih maksimal.

Tetapi hari ini .. pagi seperti itu terlewat. Tak ada tulisan tercipta. Kenapa?

Aku ingat saat bangun tidur aku punya ide buat tulisan (saat ini aku tidak ingat lagi apa ide tersebut). Tapi dengan bekal ingin menuliskannya, aku bergegas bangun dari pembaringan, ambil air wudlu, dan setelah sholat .. aku lupa harus menulis. Aku juga lupa apa yang ingin aku tulis. Aku pergi naik motor belikan Aya sarapan. Ini hari pertama dia masuk sekolah setelah libur panjang.

Apakah karena beli sarapan tadi lalu aku lupa mau menulis apa? Entah apa yang pasnya terjadi tadi pagi, aku tak begitu ingat. Tetapi kemudian ada juga muncul ide untuk menulis agak siangan. Tak terwujud juga. Apakah karena idenya kurang menarik? Atau bahannya kurang? Atau aku masih mikir-mikir untuk cari ide lain? Lalu kelupaan lagi karena kesibukan urus yang lain?

Menulis bisa terhambat gara-gara tidak ada ide. Atau karena ide kurang kuat? Atau tak punya bahan mendukung ide penulisan? Atau karena malas saja?

Malas? Barangkali iya juga. Wah .. kalau ini benar, dan kalau kegagalan menulis pagi-pagi hari ini karena malas, maka ini berarti merupakan peringatan keras. Bila terus menerus, dan tak bisa ditanggulangi, maka ide 365 judul dalam setahun bisa-bisa gagal.

Apakah aku mau gagal?

Tidak .. Aku akan buktikan bahwa aku punya kemauan besar dan kuat untuk mewujdukan apa apa yang ingin aku wujudkan. Lagipula ini cuma sekedar nulis blog. Segitu aja gagal? Gara-gara malas? Jangan deh.

#SehariSejudul

No comments: