Sunday 26 September 2010

Stop Membaca, Lestarikan Kebodohan

Bagus sekali motto toko buku Toga Mas. Cukup menggelitik saraf senyum dan beberapa hari lalu berhasil membuatku belanja buku seharga 800 ribu rupiah lebih. Motto yang tersulam rapi di punggung kaos seragam hitam berkerah para staf toko yang terletak di Jl MT Haryono (Semarang) ini sangat brilian dari sisi komunikasi. Pencetusnya tak hanya pintar memilih kata-kata, tetapi juga pandai menggugah semangat patriotik anak bangsa yang ingin maju dengan menghidupkan kembali budaya baca, sekurangnya untuk diri sendiri.

Susunan kata-kata 'menggoda' lain juga perlu mendapat pujian. Di seantero toko seluas sekitar 600 meter persegi tersebut tergantung poster-poster kecil berwarna merah bertuliskan 'DISKON Seumur Hidup.' Lalu ada standing banner 'Toko Buku Diskon TOGA MAS: NOL KM' dipajang di beberapa sudut toko, mirip petunjuk lalu lintas dengan rangkaian kata tambahan 'Harap Pelan-Pelan Banyak Diskon Bertaburan' tercetak dalam lingkaran merah berdasar putih. Seperti tanda STOP di jalan raya.

Di depan toko, terpampang banner bertulisan 'Jalan Menuju Diskon - Siap-siap Terjangkit Virus Diskon!"

Ah, aku baru ingat, istriku sudah 3 kali datang ke toko buku ini. Rupanya dia sudah menjadi salah satu korban virus baru. Tapi .. hmm ... jangan-jangan aku juga akan terkena. Rasanya badan sudah mulai demam. Tukang parkir toko, lelaki muda bercelana jeans dengan rantai monel berkilauan menjuntai di saku belakang, cerita kepadaku bahwa pada hari-hari tertentu (seringkali Sabtu dan Minggu), toko menawarkan diskon sampai 25%. Hari biasa, antara 10 dan 15%. Lumayan menggiurkan. Kalau berbelanja 100 ribu, cukup membayar 85-90 ribu rupiah! Tak heran beberapa pengunjung toko tak cuma beli satu dua buku, mereka memborong!

Melengkapi 'kebahagiaan' para pemborong, Toga Mas juga menyediakan layanan sampul buku gratis! Dikerjakan rapi dan cepat. Mau bukti? Coba datang sesekali .. (iklan dot com hehehe).

No comments: