Friday 8 October 2010

Derita Orang Bodoh

Saat ini aku sedang frustasi. Sejak kemarin belum juga bisa menyelesaikan paper 'pesanan' istriku. Dia kuliah lagi. Minggu ini penuh dengan tugas kuliah. Juga harus travel ke luar kota untuk urusan kerjaan. Aku ingin bantu mengurangi bebannya (walau ini tak legal - aku tahu itu), tapi ternyata tidak mudah.

Sekedar menulis paper agak ilmiah saja tidak sesederhana yang aku bayangkan. Apa lagi yang ilmiah. Ampun deh ... Dalam tulisan ilmiah, nulis ternyata tidak bisa asal njeplak. Njiplak juga bukan sesuatu yang sederhana. Bahkan tidak mungkin dilakukan kalau tidak mau dicap plagiat.

Oh .. frustasi ... sudah 2 X 12 jam ... tulisan tidak bisa masuk ke bagian analisis karena aku tidak tahu alat analisis yang bisa dipakai, yang berwujud teori tertentu. Aku tidak punya ide sama sekali. Bukan ilmu yang selama ini aku tekuni. Upaya membentuk gambaran instan dengan membaca buku satu dua halaman, melihat paper orang di internet, tak bisa mengantarku ke mana-mana.

Aku menemukan kebenaran tagline Komunitas Minat Baca Indonesia: banyak baca jadi tahu, kurang baca jadi sok tahu.

Kasusku, sok tahu saja belum mampu. Apalagi menjadi tahu. Oh my god .. rasanya menderita banget.

No comments: