Wednesday 6 August 2008

Rasa Lega yang Hangat

Akhirnya, pekerjaan ini beres sudah. Ada rasa lega memenuhi dada, rasanya menyenangkan. It is paying, demikian kata orang menggambarkan sebuah akhir menyenangkan dari suatu perjalanan melelahkan. Hari ini, newsletter ICRAF berbahasa Indonesia edisi pertama, pssst... namanya masih dirahasiakan, sudah siap naik cetak.

Setelah berkutat selama lebih dari 3 minggu, memilih topik, mengejar dan mewawancarai narasumber, berkunjung ke lapangan, menulis draft, berkonsultasi dengan ahli, membantu lay out dan sedikit sentuhan akhir, hari ini kelegaan itu terasa begitu indah.

Aku berterimakasih pada teman-teman yang banyak membantu: Iwan, Denta, Lia, Andree, Pak Jess, Mbak Yayuk, Bu Cho, Pak Martua, Vidya, dan Tikah. Aku berharap, mereka juga merasakan kelegaan yang aku rasakan.

Tiga bulan dari sekarang, edisi kedua akan terbit. Minggu depan aku akan memulai lagi proses mencari topik untuk dimuat. Mulai bergerilya, berbicara dengan teman-teman peneliti yang akan berangkat ke lapangan atau yang baru kembali dari lapangan. Rasanya menyenangkan melakukan pekerjaan ini. Dan kali ini, aku akan menjalaninya dengan berbekal pengalaman dari edisi pertama.

Hadirnya rasa lega yang hangat di dada, setiap sebuah pekerjaan terselesaikan, itulah yang membuat seorang pekerja bertahan di tempat kerja. Seperti ekstasi (barangkali), rasa itu menyebabkan kecanduan. Rasanya selalu ingin. Ingin merasakan kelegaan yang menguapkan segenap rasa lelah dan perasaan tertekan selama proses. Adakah yang tidak tertarik?

1 comment:

Aunul Fauzi said...

Nama newsletter: Kiprah Agroforestry. Usulan Pak Suseno. Ada sekitar usulan 40 nama yang masuk. Pemenang mendapatkan hadiah tunai Rp. 250.000.