Tuesday 2 August 2016

Rizki Tak Selalu Berbentuk uang

"Alhamdulillah. Inilah rizki," kata Pak Cipto sembari menyeruput teh hangat manisnya.

"Makan tak berpantang adalah salah satu bentuk rizki,'" lanjut Pak Cipto sambil meraih toples kerupuk, mengambil satu rempeyek dan menikmatinya.

Pagi menjelang siang. Aku dan Pak Cipto, teman di Blazer Indonesia Club - Semarang, sedang berada di sebuah warung soto di jalan Wolter Monginsidi.

Beberapa saat sebelumnya Pak Cipto hampiri aku di bengkel langganan kami, Mas Adi Zero, di jalan Arteri Soekarno Hatta. Mobilku sedang diperbaiki.

Per telpon sebelumnya, aku janji akan ke rumah Pak Cipto di Tanah Mas, buat ngobrol ngopi-ngopi. Tetapi karena mobilku ternyata perlu waktu lama untuk pasang kembali dinamo starter yang baru saja diperbaiki (ganti laher dan merapikan yang tak rapi), Pak Cipto menawarkan dia yang datang. Dia datang bawa X-Trail hitamnya yang nyaman.

***

Kami duduk berhadapan di salah satu dari dua meja yang tersedia di warung soto. Ada tulisan garang asem. Tetapi kata si ibu pemilik warung, garang asem sudah habis.

"Hari ini cuma bikin sepuluh porsi, dan sudah diborong oleh salah satu langganan," jelas pemilik warung yang nampaknya senang obrol dengan pelanggannya. Ada juga lho pemilik warung yang tak bersuara sedikitpun sampai pelanggan pergi setelah bayar makan.

Aku dan Pak Cipto lalu pesan soto.

Aku lupa bilang pisah, artinya nasi dan soto disajikan dalam dua mangkuk berbeda. Tapi tak apa. Kami menikmati soto sampai sendok terakhir lalu pesan satu tambahan teh hangat manis. Manis lho ..

Beberapa teman kami sudah tak minum teh manis.

Kalau pesan makan di warung, mereka akan bilang, "Teh tawar." Kuatir sakit ini dan itu gara-gara kabanyakan gula.

Jadi, cukup beralasan bila Pak Cipto bilang kami harus bersyukur atas rizki yang dilimpahkan Tuhan hari ini, makan tak harus berpantang, dan masih tak masalah dengan teh manis. :D

Begitulah rizki. Ada banyak bentuk rizki bila kita mampu melihatnya. Tak harus dalam bentuk uang.

"Bahkan kesempatan bertemu inipun juga adalah rizki," kata Pak Cipto.

Iya .. Sudah beberapa bulan bahkan sebelum puasa Juli lalu, kami belum pernah ketemu fisik. Ketemunya hanya virtual, di group WhatsApp.

Terimakasih Ya Allah. Sudah mengingatkan akan berbagai rizki dariMu.

No comments: