Friday 19 August 2016

Kopi dan Pisang Goreng

Hidup nikmat yang masih belum aku rasakan membosankan adalah hidup yang dimulai dengan segelas kopi dan sepiring pisang goreng. Tetapi ada syaratnya lho .. Dibikinkan oleh Bi Sar .. Hehehe

Beda lho kalau bikin sendiri. Pertama rasa (terutama) pisang goreng tak dijamin enak kalau aku bikin sendiri. Kalau kopi sih tak masalah. Dan, ini alasan yang kedua, saat menunggu kopi dan pisang goreng siap, aku bisa ngetik blog seperti yang aku lakukan saat ini. Sedap bukan?

Hidup yang nikmat adalah yang setelah kopi dan pisang goreng siap, lalu dilanjutkan dengan memulai mencicil pekerjaan. Pekerjaan apa? Pekerjaan yang jelas (bukan tak jelas), artinya yang aku tahu apa yang harus aku kerjakan, aku punya gambaran mana yang akan aku kerjakan terlebih dahulu, dan yang paling penting aku senang melakukannya. Di sini pekerjaan bukan selalu berarti ada duitnya, karena sebagian besar pekerjaanku saat ini adalah tak menghasilkan duit. Hahahaha.

Ambil contoh, revitalisasi website Mukena Indonesia, kegiatan sosial cuci muekan gratis yang selama 6 tahun terakhir ini aku komandoi. Aku paham apa yang aku butuhkan untuk mengerjakan website tersebut. Teks apa yang aku perlukan. Image apa yang aku akan pakai. Struktur web seperti apa yang aku inginkan. Semuanya jelas. Asyik mengerjakan semuanya. Cuma memamng butuh waktu dan kesabaran saja. Kadang kalo lagi 'gak sehat' ya kerjaannya tak maju-maju.

Contoh lain adalah mempelajari semua dokumen yang bisa aku kumpulkan, online maupun offline, tentang sebuah hal yang aku tertantang untuk menguasainya. Aku pelajari semua hal terkait. Aku baca semua yang bisa aku baca. Lalu aku susun rencana bagaimana aku akan mengerjakan semua tugas terkait, aku rancang presentasi untuk menjelaskan apa yang ingin aku jelaskan. Semuanya asyik. Bisa nambah ilmu baru. dan berharap pekerjaan tersebut suatu saat akan mendatangkan uang.

Aku juga sedang berencana nulis buku. Bagaimana aku akan menulisnya sudah terancang dalam benak. Aku merasa bisa mengerjakannya. Cuma belum mulai aja kok. Hehehe.

Hidup ini nikmat. Bila mengerjakan hal-hal yang kita suka, mengerjakan apa yang kita bisa, mengerjakannya tanpa merasa ada yang kejar-kejar, dan tentu saja bila dimulai dengan atau sambil menikmati kopi dan pisang goreng.

BTW: ternyata pisang goreng tak ada pagi ini. Pisangnya belum beli ..

Kaboorrr ke pasar bentar aahhh ...

No comments: