Monday 10 January 2011

Mudahnya Kirim Dokumen dan Barang

Urusan kirim-mengirim sesuatu tidak pernah semudah sekarang. Siapkan dokumen atau paket yang akan dikirim, kurir seakan berlomba menjemput bola datang ke rumah. Bayar langsung dan dapatkan nomor resi. Buka internet, lacak kiriman tanpa repot telpon sana telpon sini.

TIKI dan JNE adalah dua nama yang kita sudah kenal. Pengalaman mereka selama ini merupakan jaminan. Lagipula, dengan outlet penerimaan kiriman yang makin tersebar luas, rasanya tak ada kerepotan lagi. Dalam beberapa bulan terakhir, aku sering pakai JNE untuk kirim HT dari Semarang untuk direparasi di Jakarta. HT tak kunjung sembuh, kunjungan ke JNE juga tak rampung-rampung. Yang aku tahu, untuk sekitar Banyumanik, JNE ada di dekat Pasar Jati dan di Studio Foto Walet, Jl. Setiabudi. Harga murah, barang sampai keesokan hari.

Pernah coba kirim dokumen atau paket pakai jasa travel atau bis? Ini juga pilihan yang menarik. Barusan aku kembali dari agen Cipaganti di ujung tol Banyumanik (depan Swalayan Ada). Bayar 40 ribu, dokumen dijamin sampai jam 2 siang di Jogja. Terhitung lama karena Cipaganti harus lewat Solo antar penumpang. Gak masalah, tidak terburu-buru. Aku diberi nomor HP sopir yang membawa dokumen untuk kepastian keamanan kiriman. Penerima tinggal datang ke pool Cipaganti di Jalan Magelang KM 6 Jogja untuk ambil.

Di sini ada juga Bis Nusantara yang siap membantu mengirimkan paket atau dokumen dari Semarang ke Jogja. Kiriman sampai, ambil di pool. Murah meriah. Dulu ketika kuliah di Jogja, aku juga sering kirim barang pakai bis. Adalah Safari Dharma Raya jurusan Jogja - Lombok yang sering aku pakai. Gak pernah ada keluhan. Sebuah TV Toshiba yang aku kirim dari Jogja sebagai hadiah buat Ibu di Lombok sana ternyata sampai sekarang masih fungsi normal. Sudah lebih 10 tahun!

Kantor Pos juga tidak kalah bagusnya sekarang. Adikku biasa pakai jasa BUMN ini untuk kirim ikan asin dan terasi dari Lombok. Dua hari sampai. Nyaman.

Kayaknya sekarang kita gak perlu repot buat kirim kirim sesuatu. Semua jenis layanan ada, siap membantu meringankan urusan dengan biaya yang tak mahal.

No comments: