Saturday 28 June 2014

Ramadhan 1435 H. Pilih Punya Duit Banyak atau Tak Punya Sama Sekali?

Awal puasa ramadhan 1435 H jatuh pada tanggal 29 Juni 2014. Malam ini, 28 Juni, malam pertama tarawih .. aku memutuskan untuk tarawih di rumah saja .. mungkin sendirian .. nanti kalau agak malaman .. Semoga keberkahan Ramadhan bisa aku peroleh, kami sekeluarga peroleh. Aamiin. Semoga .. karena begitu banyaknya godaan kesibukan dunia (yang kalau dibiarkan begitu saja) barangkali bisa mengurangi kesyahduan ibadah Ramadhan .. entahlah ..

Tadi sore, pas lagi nyetir di jalan - aku terbetik fikiran begini. Bahwa punya duit banyaak sekali, atau tidak punya sama sekali .. keduanya sama sama bisa mengalihkan fikiran dari Tuhan. Apa pasal? Banyak duit bikin bebas memanjakan keinginan berbelanja, beli ini beli itu, urus ini urus itu hingga lupa waktu. Ingat cerita Tsa'labah pada zaman nabi.

Tak punya duit juga bikin kosentarasi terlalu fokus pada upaya cari duit. Sebab bisa bisa keluarga tak bisa makan bila tak ada pendapatan. Bisa bisa tak bisa berobat bila sakit. Fikiran hanya pada duit, harta, kerja keras memenuhi kebutuhan dasar. Kebutuhan tingkat di atasnya, apalagi yang bernama kebutuhan spiritual, barangkali akan susah terpenuhi sebelum perut terisi. Kata cerita, kefakiran itu dekat dengan kekafiran .. naudzubillahmindzaalik ..

Ah .. kalau gak hati hati, rasa-rasanya punya duit banyak sekali dan tidak punya sama sekali keduanya bisa bikin away dari Tuhan.

Rasa-rasanya kalau boleh pilih, aku ingin berdoa diberi harta tak banyak banyak sajalah, secukupnya saja supaya badanbisa tegakbuat beribadah kepadaNya. Cukup memenuhi sandang, pangan dan papan serta untuk biaya kesehatan keluarga, plus bisa bantu bantu teman atau saudara sedikit sedikit. Udah itu saja, biar fikiran tak terlalu teralihkan dari Tuhan. Kali begitu ..

No comments: