Thursday 26 December 2013

Ide Tulisan: Mau Menulis Apa?

Ada banyak ide yang ingin aku tuangkan jadi tulisan. Tulisan blog atau artikel ke koran (buat nyari honor) atau dalam bentuk buku tebal.

Untuk blog, aku ingin tulis jawaban pertanyaan ini: 'What do I think of a profession?' tentang bagaimana aku memandang sebuah profesi.

Misal: lawyer. Jenis kelaminnya pria. Pelakunya kalau tak banyak bacaan, minimal wanian (bahasa Jawa: pembrani), pintar bersilat lidah (tentu dengan dasar-dasar yang memang legal atau ada, dan juga perlente. Ini kok jadi personifikasi temenku yang lawyer ya .. hehehe .. doi suka pakai hem bergaris, lengan panjang, dan di pergelangan tangan kiri melingkar gelang batu (yang diragukan keaslian batunya) dibeli pas waktu ke Sangiran .. wkwkwkwk ...

Bagaimana tentang profesi tukang rumput? Yang ngangon kambing atau sapi? Makelar tiket? Pengoprek coding komputer? Tukang angkot? Guru? Pegawai Bappeda? Ahli batu mulia? Penjual gorengan? Mbak penjaga toko mas? dll dll.

Semuanya punya 'jenis kelamin' - stereotyping yang ingin aku tuliskan plus semua yang pernah aku lihat dan rasakan terkait suatu profesi. Seru deh kayaknya.

Lalu untuk blog, yang juga ingin aku tulis adalah tentang The Color of City in My Mind - tentang warna kota di benakku. Tak peduli apakah kota tersebut pernah aku kunjungi atau belum.

Misal Surabaya. Aku lihat berwarna putih tapi abu-abu. Bandung Hijau kecoklatan, ada merahnya. Lalu Palembang kuning. Canberra putih tertata. Mumbay, warna warni, tak teratur namun exotic. Helsinki, hitam mengkilat. Mataram, tak jelas. Banjarmasin, ada banyak benda tajam di sekelilingnya. Bandar Sri Begawan, punya banyak sungai berkelok dengan perahu berlayar tinggi (lah ini kan bukan warna) - yaa ... kota ini di benakku berwarna hijau dan putih lembut. Begitu seterusnya.

Untuk artikel koran, aku pingin nulis tentang berbagai fenomena di masyarakat, kejadian unik di sekeliling, lalu aku kasi moral of the story sedikit saja. Tak perlu banyak. Kalau banyak, sayang, honornya tak banyak, masak nulis semua siih. Satu moral, satu tulisan, satu honor. :D

Untuk buku? Sekurangnya saat ini aku punya 2 ide: 1) CSR dengan MindMap - rencana aku mau kerjakan bersama teman yang ahli MindMap, dan 2) HR Management dan segala seluk beluknya - berbentuk satu seri buku. Ini juga sama satu teman yang ahli dan praktisi Human Resources.

Ada banyak ide lain yang pernah masuk di fikiran. Tetapi karena aku tidak aku rekam (tulis atau foto), hanya mengandalkan ingatan, maka ternyata ide-ide itu hilang. Harapannya akan muncul lagi suatu saat bila ada yang mentriggernya.

Begitulah sekelumit tulisan ngawur menjelang subuh yang sebentar lagi datang ..

No comments: