Tuesday 18 August 2009

Panos Nairobi Climate Change Workshop

Aku bakal ke Nairobi lagi. Kali ini buat ikut Panos Nairobi Climate Change Workshop (21-28 Agustus 09) yang diselenggarakan bagi para wartawan peliput 2nd World Congress of Agroforestry (WCA) di Nairobi, Kenya. WCA itu sendiri diselenggarakan kantorku World Agroforestry Centre (ICRAF) bekerjasama dengan UNEP (United Nations Environment Program). Kantor pusat ICRAF di Nairobi letaknya bersebelahan dengan UNEP di UN Avenue, Gigiri. Menurut cerita, penerima Nobel dari Kenya, Ibu Wangari Maathai akan hadir dan menjadi pembicara dalam acara WCA ini.

Adalah CIFOR dan Panos yang mula-mula berinisiatif mengadakan workshop khusus bagi para wartawan di sela-sela berbagai sesi WCA. CIFOR adalah Pusat Penelitian Hutan yang berkantor pusat di Bogor sementara Panos merupakan lembaga yang mendorong partisipasi masyarakat miskin dan marjinal dalam pembangunan nasional maupun internasional melalui berbagai proyek media dan komunikasi. Kantor pusat Panos berada di London dan memiliki cabang di Nairobi.

Dengan tujuan membekali wartawan dalam peliputan isu-isu perubahan iklim, terutama menjelang Konferensi Perubahan Iklim di Copenhagen akhir tahun ini, CIFOR dan Panos bekerjasama membantu para wartawan memperluas cakrawala tentang isu-isu perubahan iklim. ICRAF Nairobi turut mendukung acara dengan menyediakan tempat workshop. Peneliti senior ICRAF dan CIFOR termasuk yang akan memberikan presentasi.

Kayak apa workshop wartawan? Ntar dech ceritanya kalo sudah sampe di Nairobi.

No comments: